Halaman

blog-indonesia.com

Cari Di Sini

Terbaru

06 Maret 2011

Surili (Presbytis Comata)


Surili / Grizzled leaf monkey (Prebytis comata) adalah salah satu jenis primate yang mempunyai bentuk dan warna yang khas. Pada umumnya warna bagian (dorsal) tubuh surili dewasa berwarna hitam atau coklat tua keabuan. Pada bagian kepala sampai jambul berwarna hitam. Tubuh bagian depan (ventral) mulai dari bawah dagu, dada, perut, bagian dalam lengan, kaki dan ekor berwarna putih. Warna kulit muka dan telinga hitam pekat agak kemerahan, warna iris mata coklat gelap dan warna bibir kemerahan. Pada individu yang baru lahir, tubunya berwarna putih keperakan dengan garis hitam mulai dari kepala hingga ekor. Panjang tubuh individu jantan dan betina hamper sama yaitu antara 430-600 mm. Panjang ekor berkisar antara 560-720 mm. Berat tubuh rata-rata mencapai 6,5 kg.

Surili aktif disiang hari (diurnal) dan lebih banyak melakukan aktivitasnya pada bagian atas dan tengah dari tajuk pohon (arboreal). Kadang-kadang jenis primate ini juga turun ke dasar hutan untuk memakan tanah. Pada saat anggotanya turun ke lantai hutan, pimpinan kelompok akan terlihat mengawasi dengan waspada. Pada malam hari kelompok surili tidur saling berdekatan pada ketinggian sekitar 20 meter di atas permukaan tanah. Surili jarang menggunakan pohon sebagai tempat tidur yang sama dengan hari sebelumnya.

Surili hidup di kawasan hutan hujan tropis primer maupun sekunder mulai dari hutan pantai (ketinggian 0 m) samapi hutan pegunungan (ketinggian samapi 2000 mdpl). Seringkali juga surili dijumpai di perbatasan antara hutan dengan perkebunan penduduk. Surili hidup berkelompok dengan ukuran antara 7-12 individu. Setiap kelompok biasanya terdiri atas satu ekor jantan dengan satu atau lebih betina (one male multi female troop).

Surili termasuk jenis primata yang banyak mengkonsumsi daun muda atau kuncup daun sebagai makanannya. Bila dilihat komposisi makanan yang dikonsumsi surili, 64 % dari makanannya adalah daun muda, 14 % buah dan biji, 7 % bunga dan sisanya berupa serangga, jamur, dan tanah. Di samping itu jenis tumbuhan yang menjadi makanan surili juga sangat beragam. Beberapa hasil penelitian memeperlihatkan bahwa surili mengkonsumsi lebih dari 75 jenis tumbuhan yang berbeda.

Surili merupakan satwa yang hanya terdapat (endemic) di Jawa Barat dan Banten. Surili tersebar di berbagai hutan terutama kawasan konservasi (Taman Nasional, Cagar Alam) dan hutan lindung. Surili tersebar mulai dari hutan pantai sampai hutan pegunungan mulai dari 0-2000 mdpl. Satwa ini dilindungi oleh perundang-undangan yang berlaku di Indonesia yaitu berdasarkan SK Menteri Kehutanan No. 301/Kpts/Um/1979 tanggal 5 April 1979, Sk Menteri Kehutanan No.301/Kpts-II/1991 tanggal 10 Juni 1991 dan UU No. 5 Tahun 1990. Penyusutan habitat merupakan ancaman terbesar bagi populasi surili. Saat ini jenis primata ini hanya dapat dijumpai di kawasan lindung dan konservasi dengan jumlah yang tersisa berkisar antara 4000-6000 ekor.

( sumber : http://kpmtarsius.wordpress.com )
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Ramalan Jodoh