Halaman

blog-indonesia.com

Cari Di Sini

Terbaru

10 Maret 2011

Manfaat Ketawa....( Ketawa Bikin Awet Muda Boss )


Ketawa adalah suatu kegiatan yang kita lakukan ketika ada hal yang menggelikan. Misalnya, ada hal yang lucu. Ketika kita melihat lawak, pasti di acara tersebut banyak yang lucu. Jadi kita ikutan ketawa deh Secara tidak sadar, hampir semua anggota tubuh kita ikut bergerak ketika kita tertawa. Sehingga, kalau dihitung secara matematika, 3 menit tertawa sama dengan 20 menit jogging. Mungkin Anda akan berpikir, “Mending kita ketawa aja daripada capek-capek jogging”. Tapi, asal Anda tahu, kalau kebanyakan ketawa bisa dikira orang gila.  mungkin anda perlu mempertimbangkan lagi untuk lebih rilex dan lebih banyak ketawa karena terbukti ketawa lepas memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, contohnya sbb :

   1. Menurunkan kadar C-reactive protein, bagian protein yang menjadi salah satu tolok ukur risiko diabetes dan gangguan jantung seseorang. Semakin tinggi level C-reactive protein, semakin tinggi risiko jantung dan diabetes.
   
2. Menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) sebesar 26%
   
3. Pada saat ketawa, badan menghasilkan sel-T yaitu sel darah putih dan sejenis protein yang penting dalam sistem kekebalan tubuh.
   
4. Dari hasil penelitian, pada saat kita ketawa, satu gelombang elektrik mengalir dalam otak. Banyak bagian otak, termasuk bagian yang mengelola emosi, kecerdasan dan gerak, saling berhubung ketika kita ketawa.
   
5. Dari beberapa penelitian didapati bahwa ketawa sebanyak 100 kali mempunyai manfaat sama dengan bersenam 10 hingga 15 menit.
   
6. Tawa  meringankan rasa khawatir; seseorang tidak dapat tertawa dan merasa takut secara bersamaan. Secara fisik itu tidak mungkin. Tawa juga mengecilkan sumber dan ukuran rasa takut.
   
7. Menurut Dr. Han Gwang-il yang menyebut dirinya ‘guru ketawa’ dan menjadi ahli terapi ketawa pertama di Korea Selatan, ketawa bisa mengobati penyakit yang tidak bisa disembuhkan oleh pengobatan kedokteran mutakhir. Kenyataannya, menurut dia ada seorang wanita paruh usia yang menderita kanker payudara stadium akhir dan dokter sudah menyerah, telah sembuh melalui terapinya.
   
8. Ketawa membuat wajah lebih cerah, keputusasaan berganti harapan dan hati yang tertutup menjadi terbuka dalam kehangatan. Ketawa membuat kita bersosialisasi secara baik dengan lingkungan sekitar kita. Hampir semua orang lebih suka bergaul dengan orang yang gampang tertawa ketimbang yang tidak pernah ketawa.
   
9. Ketawa meningkatkan produktivitas karena dapat meningkatkan mood, motivasi dan semangat. Ketawa bahkan seperti virus yang cepat menyebar dan mengalirkan energy positif disekitar kita.
  
10. Ketawa membuat kita lebih gampang bersyukur dan menikmati hidup.

Jadi kalau anda ingin sehat, wajah cerah, dan memiliki pergaulan yang luas mulailah perbanyak ketawa. Satu-satunya yang perlu dihindari dan dikurangi adalah tertawa sendiri, kecuali dengan alasan yang bisa diterima akal, seperti nonton film komedi sendirian atau teringat sesuatu yang lucu dan anda tidak bisa tidak untuk ketawa.Tertawalah sebelum tertawa itu di larang Dan Tertawa lah selagi bisa, Anda pasti akan menyesal jika tidak tertawa seumur hidup Anda. Semoga bermanfaat Gan

( sumber : dari berbagai sumber )
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Ramalan Jodoh